Wednesday, April 9, 2008

Naik Delman


Pada hari minggu kuturut ayah ke kota ....
Naik delman istimewa kududuk di muka .....
Kududuk di samping pak Kusir yang sedang bekerja ..... Mengendali kuda supaya baik jalannya .....
duk..dik..dak..dik..duk..dik..dak..dik..duk.. dik.. dak..dik..duk
duk..dik..dak..dik..duk..dik.. suara sepatu kuda..

Teman-teman tentunya masih ingat syair lagu naik Delman di atas bukan? Papaku bilang ..waktu masih kecil dulu juga sudah menyanyikan lagu itu. Jadi sudah lama sekali ya..
Delman itu adalah alat pengangkut atau alat transportasi gitu lho kerennya. Tetapi, alat transportasi jadul (jaman dulu) atau istilahnya alat transportasi tradisional (agar tak terlalu panjang... disingkat ATT ya teman-teman..). Beberapa waktu yang lalu aku mengunjungi Monas (Monumen Nasional) di Jakarta dan berkeliling di pelataran monas yang luas dengan naik delman. Aku tidak duduk di samping pak kusir seperti syair lagu naik delman di atas, melainkan duduk dibelakang pak kusir... soalnya ... kuda pak kusir rewel banget. ATT terdiri dari: kereta dan penggeraknya. Bagian kereta tersusun dari atap, badan dan roda.
Teman-teman ... ATT itu ternyata banyak jenisnya ... delman, dokar, sado, andong, bendi, pedati, gerobak, becak, cidomo dan lain-lain. Kalau diperhatikan memang ada bedanya sih..

  • Kalau dilihat dari penggeraknya .... ATT memang berbeda-beda. Ada yang digerakkan/ ditarik binatang, umumnya kuda.. seperti delman, sado, andong, bendi, dokar, cidomo, nayor. Ada yang ditarik binatang selain kuda (sapi, kerbau, kambing) ... seperti pedati, cikar atau gerobak... bahkan ada yang di kayuh manusia misalnya sepeda atau becak ... di China dikenal dengan nama rigsaw.
  • Kalau dilihat dari bentuk rodanya juga berbeda-beda. ATT yang ditarik kuda umumnya mempunyai bentuk roda proporsional dengan badan kereta dan mempunyai jari-jari, misalnya yang terlihat pada delman, dokar, sado, andong, bendi. Sedangkan Cidomo dan Nayor rodanya terbuat dari ban mobil. Pedati, gerobak atau cikar mempunyai bentuk roda yang besar, berjari-jari, tetapi umumnya tidak proporsional dengan bagian badan kereta.
  • beberapa jenis ATT sebenarnya sama..tetapi di daerah tertentu disebut dengan istilah yang berbeda. Delman .. sebutan di Jakarta; dokar .. sebutan di Jawa timur dan Bali; andong .. sebutan di Yogyakarta, Solo, Klaten dan Bandung; bendi .. sebutan di Sumatra barat; sado... sebutan di Medan dan betawi. Cidomo (Cimodok) hampir sama dengan Nayor. Cidomo (singkatan dari Cikar Dokar Mobil; Cimodok = Cikar Mobil Dokar) merupakan ATT khas pulau Lombok, sedangkan Nayor ATT khas di Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa barat. Delman ditemukan oleh insinyur Belanda pada masa kolonial dahulu, yaitu Charles Theodore Deeleman, sehingga penduduk asli Indonesia menyebutnya dengan nama Delman. Orang Belanda sendiri menyebut ATT ini dengan nama dos-a-dos (yang artinya punggung pada punggung, yaitu sejenis kereta yang posisi duduk penumpangnya saling memunggungi). Dari istilah dos-a-dos kemudian penduduk Betawi menyebutnya sado.

Sekarang alat transportasi sudah lebih cepat, nyaman dan modern: ada sepeda motor, angkot, mobil, bus, kereta api, pesawat terbang dan sebagainya. Sedangkan ATT sudah semakin jarang.. hanya ada di daerah-daerah tertentu saja. Sebenarnya ATT ini punya keuntungan yaitu Hemat energi .. tidak menggunakan BBM, Bebas polusi asap ..tidak mengeluarkan gas Karbon monoksida (CO) yang dapat merusak paru-paru manusia, bentuknya unik .. untuk tujuan Pariwisata, murah.. baik perawatan maupun ongkos untuk menumpanginya. Sayangnya ATT juga punya beberapa kerugian yaitu .. Lambat .. tidak secepat mobil, kotoran hewan .. menimbulkan polusi bau dan mengganggu pemandangan. Tetapi dengan mewajibkan pak Kusir menaruh penampung kotoran hewan pada pantat binatang, maka hal tersebut dapat dikurangi. Mungkin dengan mewajibkan kepada Pemerintah daerah untuk memanfaatkan ATT untuk kepentingan pariwisata dan digunakan pada tempat-tempat tertentu.. maka ada harapan bagi kita untuk dapat melestarikan ATT yang ada di Indonesia.

Sudah dulu ya teman-teman....

No comments: